pengertian, Tujuan dan Fungsi Pendidikan Karakter
Pendidikan karakter kini menjadi salah satu wacana
utama dalam kebijakan nasional di bidang karakter Pendidikan. Seluruh
kegiatan belajar serta mengajar yang ada dalam negara indonesia harus merujuk
pada pelaksanaan pendidikan Karakter. Ini juga termuat di dalam Naskah Rencana
Aksi Nasional Pendidikan Karakter yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan
pada tahun 2010. Dalam naskah tersebut dinyatakan yakni pendidikan karakter
menjadi unsur utama dalam pencapaian visi dan misi pembangunan Nasional yang
termasuk pada RPJP 2005-2025.
Bukan hanya itu dalam UU RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional; merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan Nasional yang
harus digunakan dalam mengembangkan upaya pendidikan di Indonesia. Pasal 3 UU
SIKDIKNAS menyebutkan: “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan dan
membantu watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan bangsa. Bertujuan untuk berkembangnya potensi, peserta didik agar
menjadi manusia yang beriman yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Seringkali kita dituntut untuk menerapkan kemampuan karakter
dan menumbuh kembangkan prinsip dalam pendidikan, tetapi pemahaman mengenai
karakter secara mendasar belum kita fahami dengan benar-benar. Oleh sebab itu
sebelum menerapkan pendidikan karakter, kita perlu tau dulu apa sih pendidikan
karakter itu? Apa sih fungsi pendidikan karakter itu?
Pendidikan
Pendidikan adalah suatu usaha sadar dan sistematis
dalam mengembangkan potensi peserta didik. Menurut wikipedia Pendidikan adalah
pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang
diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran,
pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang
lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.
Karakter
Karakter atau watak adalah sifat batin yang memengaruhi
segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau
makhluk hidup lainnya. Lebih lengkap lagi Karakter adalah nilai-nilai yang
khas, baik watak, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil
internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai cara
pandang, berpikir, bersikap, berucap dan bertingkah laku dalam kehidupan
sehari-hari.
Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter adalah usaha sadar dan terencana
untuk mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan potensi dan pembudayaan
peserta didik guna membangun karakter pribadi atau kelompok yang unik baik
sebagai warga negara. Dalam kamus lain Pendidikan Karakter merupakan
bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang
mendidik diperuntukkan bagi generasi selanjutnya.
Pengertian Pendidikan Karakter menurut
para Ahli
Kita tau bahwa Pendidikan memang tak lepas dari yang namanya
makna dan definisi. Di dalam dunia pendidikan banyak sekali istilah-istilah
atau definisi-definisi yang dipakai kemudian memerlukan pembahasan mengenai
sesuatu definisi atau pengertiannya. Berikut merupakan beberapa pengertian
Pedidikan karakter berdasarkan Undang-Undang dan para pakar/ahli yang saya
kutip dari berbagai sumber:
1.
Menurut Suyanto
Pendidikan karakter adalah cara berfikir dan berprilaku yang
menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam
lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, maupun Negara.
2.
Menurut Kertajaya
Pendidikan karakter adalah ciri khas yang dimiliki oleh
suatu benda atau individu. Ciri khas tersebut adalah asli dan mengakar pada
kepribadian benda atau individe tersebut, serta merupakan “mesin” yang
mendorong bagaimana seseorang bertindak, bersikap, berucap, dan merespon
sesuatu.
3.
Menurut Kamus Psikologi
Menurut kamus psikologi pendidikan karakter adalah
kepribadian ditinjau dari titik tolak etis atau moral, misalnya kejujuran
seseorang, dan berkaitan dengan sifat-sifat yang relatif tetap. (Dali Gulo,
1982).
4.
Menurut Thomas Lickona
Pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk
membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan
nilai-nilai etika yang inti.
Fungsi pendidikan karakter
Fungsi pendidikan karakter karakter adalah untuk
mengembangkan potensi dasar seorang anak agar berhati baik, berperilaku baik,
serta berpikiran yang baik. Dengan fungsi besarnya untuk memperkuat serta
membangun perilaku anak bangsa yang multikultur. Selain itu pendidikan karakter
juga berfungsi meningkatkan peradaban manusia dan bangsa yang baik
di dalam pergaulan dunia. Pendidikan karakter dapat dilakukan bukan hanya
di bangku sekolah, melainkan juga dari bergai media yang meliputi keluarga,
lingkungan, pemerintahan, dunia usaha, serta media tegnologi.
Tujuan pendidikan karakter
Tujuan pendidikan karakter adalah membentuk bangsa yang
tangguh, berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, bekerja sama atau
bergotong royong. Selain itu Pendidikan karakter juga membentuk bangsa
mempunyai jiwa patriotik atau suka menolong sesama, berkembang dengan dinamis,
berorientasi pada ilmu pengetahuan serta teknologi, beriman dan bertakwa pada
Tuhan yang Maha Esa.
Realisasi Pendidikan Karakter
Secara umum untuk mewujudkan pendidikan karakter dapat
dilakukan melalui pendidikan formal, non formal, dan informal. Saling
melengkapi dan mempercayai dan diatur dalam peraturan dan
undang-undang. Pendidikan formal dilaksanakan secara berjenjang dan pendidikan
tersebut mencakup pada pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, evokasi
keagamaan dan khusus. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter dapat dilakukan
melalui jenjang pendidikan yang diimplementasikan pada kurikulum di tingkat
satuan pendidikan yang memuat pelajaran normatif, adaptif, produktif, muatan
lokal, dan pengembangan diri.
Pendidikan karakter di sekolah yang diimplementasikan pada
pendidikan pengembangan diri antara lain; melalui kegiatan kegiatan
ekstrakurikuler di sekolah, semisal : pengurus OSIS, Pramuka, PMR, PKS, KIR,
Olahraga, Seni, Keagamaan dan lainnya. Dengan kegiatan ekstrakurikuler ini
sangat menyentuh, mudah dipahami, dan dilakukan siswa sebagai bagian penyaluran
minat dan dilakukan siswa sebagai bagian penyaluran minat dan bakat yang dapat
dikembangkan sebagai perwujudan pendidikan karakter bangsa.
18
Nilai-nilai Karakter Berdasarkan Budaya Bangsa
1.
Religius
2.
Jujur
3.
Toleransi
4.
Disiplin
5.
Kerja keras
6.
Kreatif
7.
Mandiri
8.
Demokratis
9.
Rasa ingin tahu
10.
Semangat kebangsaan
11.
Cinta tanah air
12.
Menghargai prestasi
13.
Tanggung jawab
14.
Gemar membaca
15.
Bersahabat/Komunikatif
16.
Peduli lingkungan
17.
Peduli sosial
18.
Cinta damai
https://www.lyceum.id/pengertian-tujuan-dan-fungsi-pendidikan-karakter/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar